Kamis, 22 Mei 2014

Kenapa Buah Bikin Anda Sehat?

Anak dan remaja di Indonsia cenderung lebih memilih makanan cepat saji daripada konsumsi buah dan sayur. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 menunjukan 93,6 persen penduduk Indonesia berusia di atas 10 tahun masuk dalam kategori kurang makan buah dan sayur.

"Buah dan sayur sangat baik dikonsumsi sebagai salah satu upaya mencegah obesitas. Kandungan serat larut membantu penyerapan gula lebih lambat," ujar Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr Fiastuti Witjaksono saat acara Zespri di The3 House, Jakarta seperti ditulis Jumat (19/7/2013).

Bagi penderita diabetes sangat penting menjaga kadar gula agar tetap normal, hal tersebut dapat diatasi dengan rutin konsumsi buah dan sayur.

"Namun tidak sembarangan buah, karena buah yang manis pun kadar gulanya tinggi. Pilih buah yang memiliki kadar indeks glikemik rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes," ujar  Dr. dr. Fiastuti.

Berdasarkan WHO dan FAO, kekurangan asupan buah dan sayur menyebabkan risiko kematian akibat kanker saluran cerna sebersar 14 persen, 11 persen jantung koroner dan 9 persen kematian akibat stroke.

"Penting membiasakan diri konsumsi minimal 2 porsi buah dan 3 porsi sayur secara teratur karena dapat memberikan manfaat positif," tambahnya.

Rutin mengonsumsi buah dapat mencegah penyakit degeneratif seperti kencing manis, kanker, obesitas, dan penuaan dini, memperlancar proses metabolisme, meningkatkan kesehatan saluran cerna, meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kerusakan sel. 


sumber http://health.liputan6.com/read/643625/kenapa-buah-bikin-anda-sehat
 Artikel lekas hamil dapat di baca web http://goo.gl/CX7wA semoga berguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar