Kamis, 22 Mei 2014

Obati Kesepian dengan Berendam Air Hangat

Liputan6.com, New York: Anda kesepian dan merasa terisolasi? Ada cara yang paling simpel untuk mengobatinya yakni dengan berendam atau berada di bawah kucuran air hangat. Memberikan kehangatan fisik dapat menggantikan kehangatan sosial yang hilang.

Sebuah penelitian AS menemukan, dengan berendam dalam waktu yang lama di bak mandi dapat membantu memerangi perasaan terisolasi dan terkucilkan. Air hangat ini bisa bertindak sebagai pengganti teman bicara, Jumat (24/6).

Seseorang yang semakin besar rasa terisolasi maka akan cenderung sering berendam dan mandi di bawah pancuran air hangat. Mereka bahkan bisa berjam-jam berada di dalamnya dengan suhu air yang semakin panas.

Para peneliti di Yale University meminta 400 sukarelawan yang berusia 18 tahun hingga 65 tahun untuk mencatat kebiasaan mandi mereka. Selain itu mereka juga mencatat bagaimana yang mereka rasakan baik sebelum maupun sesudahnya.

Setelah itu para peneliti mencatat tingkat kesepian setelah memberikan relawan paket terapi dingin dan hangat. Kemudian mengonfirmasinya dalam hubungan antara kehangatan fisik dan kehangatan sosial yang datang dari sekitar teman dan keluarga. Mereka mengklaim, asosiasi bersifat bawan di dalam otak kita sejak bayi, yang mungkin menjelaskan mengapa kenyamanan sering dicari dalam minuman hangat dan sup.

"Pengalaman kehangatan fisik ditemukan secara signifikan mengurangi penderitaan sosial yang terkucilkan, " kata penelitian yang diterbitkan dalam psikologi jurnal Emotion.

"Respondon yang ditemukan kesepian, kita gantikan kehangatan sosial yang hilang dengan kehangatan fisik," ujarnya.

Para peneliti percaya bahwa kesimpulan mereka bisa memiliki implikasi luas untuk pengobatan depresi dan gangguan emosional lainnya. Temuan ini mendukung penelitian di Kanada yang menemukan bahwa peserta merasa secara fisik lebih dingin saat kesepian.(DailyMail/MEL)

sumber http://health.liputan6.com/read/340909/obati-kesepian-dengan-berendam-air-hangat
Silahkan kunjungi juga blog http://goo.gl/CX7wA terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar