Rabu, 21 Mei 2014

Diet bagi Ibu Hamil di Trimester Kedua

Saat ibu hamil sudah memasuki trimester kedua tentu tak seperti trimester pertama yang sering mual karena makanan. Saat ini, Anda lebih berani dalam memilih makanan karena Anda tak perlu lagi mengkhawatirkan morning sickness. Anda bisa memuaskan hasrat makan Anda, tapi ingat carilah yang bergizi untuk bayi Anda.

Padac trimester kedua wanita hamil sering merasa lapar karena pertumbuhan dan perkembangan sang bayi. Ini adalah waktu ketika organ vital bayi mengalami perkembangan.

Melakukan diet sehat di trimester kedua harus mencakup semua kebutuhan gizi yang diperlukan bayi. Diet Anda harus terdiri dari besi, protein, kalsium, vitamin, dan mineral. Diet yang sehat menjadi kunci untuk bayi yang sehat. Berikut makanan yang baik untuk ibu yang hamil di trimester kedua seperti dikutip Boldsky, Senin (10/2/2014):

1. Lebih banyak besi

Ketika bayi Anda tumbuh, permintaan besi di dalam tubuh ibu akan meningkat. Besi sangat penting dalam pembentukan darah dan ini akan membantu memasok nutrisi yang cukup untuk bayi. Sertakan makanan keya zat besi seperti pisang, kurma, labu di dalam diet Anda.

Makanan kaya zat besi dianggap sebagai makanan sehat selama trimester kedua.

2. Kalsium

Kalsium sangat penting pada trimester kedua untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang serta tulang rawan bayi Anda. Sediakan cukup kalsium akan mencegah penggunaan kalsium dari tulang ibu. Sertakan makanan kaya kalsium seperti susu, keju, sayuran berdaun hijau.

3. Rendah lemak

Saat Anda masuk trimester kedua, kecenderungan berat badan Anda akan meningkat. Ibu hamil dianjurkan untuk mencoba makanan rendah lemak. Gunakan produk susu rendah lemak akan membantu Anda menjaga berat badan Anad. Daging tanpa lemak merupakan pilihan yang sangat baik yang masuk dalam diet sehat di trimester kedua.

4. Rendah karbohidrat

Memilih asupan yang rendah karbohidrat saat Anda berada di trimester kedua kehamilan. Ini karena faktanya Anda berkesempatan terkena diabetes gestational selama trimester kedua. Diabetes menyebabkan banyak komplikasi serius.

5. Tambahan protein

Sejak bayi Anda berkembang pesat, protein selalu dibutuhkan. Sertakan makanan yang kaya protein dalam diet Anda. Ambil buah-buahan kering, sayuran, buah-buahan, telur, dan produk susu. Sediakan protein yang cukup untuk tubuh Anda akan membantu proses pembelahan sel yang terjadi pada trimester kedua.

6. Kaya akan serat

Trimester kedua kehamilan adalah waktu ketika sebagian besar wanita mengeluh sembelit. Pastikan Anda makan makanan yang kaya serat. Ini akan membuat gerakan usus Anda tepat sehingga mencegah sembelit. Sertakan semangka, brokoli, kacang-kacangan, dan jeruk di dalam diet Anda.

sumber health.liputan6.com/read/822492/diet-bagi-ibu-hamil-di-trimester-kedua
Monggo buka pula website http://www.dimanalagi.com/2012/09/cara-agar-cepat-hamil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar