Rabu, 21 Mei 2014

Makan Ikan Bahayakan Jantung?

Liputan6.com, Boston: Meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa makan ikan, yang kaya akan asam omega-3 lemak, menurunkan risiko penyakit jantung, bukti ini bercampur dengan penelitian sebelumnya yang menilai paparan merkuri dari konsumsi ikan yang mungkin berhubungan dengan tingginya risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian baru dalam skala besar dari Harvard School of Public Health (HSPH) dan Brigham dan Women's Hospital (BWH), para peneliti menemukan bukti bahwa paparan merkuri pada tingkat yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi penyakit jantung koroner, stroke, atau penyakit kardiovaskuler dalam dua studi terpisah dari orang dewasa AS. Studi ini muncul dalam edisi 24 Maret 2011, dari New England Journal of Medicine.

Setelah disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, dan faktor risiko penyakit kardiovaskuler lainnya, para peneliti tidak menemukan hubungan antara paparan merkuri dan risiko yang lebih tinggi dari penyakit jantung.

"Penelitian sebelumnya relatif kecil dan menunjukkan hasil yang beragam. Analisis besar dari dua penelitian terpisah memberikan bukti yang paling kuat sampai saat ini pada apakah paparan merkuri mempengaruhi penyakit kardiovaskuler, "kata pemimpin penulis Dariush Mozaffarian, profesor di Departemen Epidemiologi di HSPH dan Divisi Cardiovascular Medicine, BWH, dan Harvard Medical School seperti dikutip harvard.edu, Jumat (25/3).

Para peneliti menganalisis data dari dua penelitian termasuk 51.529 pria di Health Professionals Follow-up Study (HPFS) dan 121.700 perempuan dalam Nurses BWH berbasis 'Health Study (NHS). Peserta di kedua kelompok telah menjawab pertanyaan setiap dua tahun (HPFS awal tahun 1986, NHS tahun 1976) tentang riwayat kesehatan mereka, faktor risiko, kejadian penyakit, dan gaya hidup.

Tren terhadap risiko rendah dengan tingkat merkuri yang lebih tinggi benar-benar terlihat. Selain itu, juga tidak ada bukti efek samping apakah peserta yang mengonsumsi ikan dalam jumlah rendah atau tinggi. Tingkat mercuri juga tidak terkait dengan risiko kardiovaskular yang lebih tinggi.

"Temuan ini menunjukkan bahwa orang tidak perlu khawatir paparan merkuri membahayakan kardiovaskular ketika memutuskan apakah mengonsumsi ikan atau tidak," kata Mozaffarian. "Upaya kesehatan masyarakat untuk mengurangi merkuri dalam lingkungan harus terus, karena risiko merkuri dapat menimbulkan efek berbahaya lainnya, misalnya pada neurodevelopment pada masa bayi."

Para ahli juga mencatat bahwa penelitian ini tidak harus mengubah nasihat bagi wanita yang sedang atau ingin hamil untuk menghindari makan jenis ikan tertentu dengan tingkat merkuri yang lebih tinggi, mengingat potensi yang merugikan dari paparan merkuri pada neurodevelopment pada anak-anak mereka. (MEL)

sumber http://health.liputan6.com/read/326196/makan-ikan-bahayakan-jantung
Silahkan kunjungi juga web ini http://goo.gl/CX7wA saya harap info sederhana. aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar