Rabu, 21 Mei 2014

Jangan Belanja Kalau Sedang Lapar, Bisa Kalap, Lho!

Perut kosong saat berbelanja bisa memengaruhi seseorang dalam memilih makanan. Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang belanja saat kelaparan bakal memilih makanan tidak sehat.

"Puasa jangka pendek bisa mengarahkan orang memilih makanan yang tidak sehat," ujar Kepala Gretchen Swanson Center for Nutrition, Amy Yroch, di Omaha Nebraska seperti dikutip ReutersHealth, Selasa (7/5/2013).

"Jangan belanja ketika Anda lapar dan tak mempunyai daftar, karena pasti akan membeli semua junk food," saran Yaroch, yang tak terlibat dalam penelitian.

Menurutnya, implikasi gaya makanan tak sehat itu tak hanya pada pembelian kebutuhan sehari-hari, tapi juga dalam memilih makanan untuk keluarga. Anda jadi sering tak punya uang untuk membeli makanan sehat, namun mau mengeluarkan uang untuk junk food.

Aner Tal dan Brian Wansink dari Cornell University di Ithaca, New York, melakukan penelitian ini di laboratorium dan lapangan untuk mengetahui pengaruh kelaparan dan jenis pilihan makanannya.

Pada penelitian di laboratorium, 68 orang dewasa diminta tidak makan selama lima jam sebelum janji di sore hari. Sebelum melakukan percobaan, peneliti memberikan setengah dari peserta sepiring gandum agar kenyang. Kemudian, masing-masing peserta belanja di toko simulasi secara online.

Rata-rata, peserta lapar dan kenyang membeli delapan bahan makanan rendah kalori, termasuk produk susu, daging, dan kudapan. Dan peserta yang lapar juga membeli 6 makanan tinggi kalori, dibandingkan 4 pembelian dari orang-orang yang baru mulai membeli kudapan. Temuan ini dipublikasikan dalam JAMA Internal Medicine.

Sedangkan pada penelitian di lapangan, peneliti mengamati 82 orang di supermarket dan menemukan rasio makanan kalori tinggi ke rendah lebih sehat pada pukul 13.00-16.00 dibandingkan pada pukul 16.00 dan 19.00.

"Tubuh selalu berusaha menuntut diisi dengan yang enak-enak menurut pikiran kita. Jika Anda pergi dalam jangka waktu tertentu tanpa makanan, dan ingin makanan, Anda akan lebih mudah mencari makanan yang tinggi kalori, "katanya.

"Jika kita membutuhkan energi, kita tidak akan pergi keluar untuk mencari sekadar selada," kata Endokrinolog Tony Goldstone dari Imperial College London.

sumber http://health.liputan6.com/read/580148/jangan-belanja-kalau-sedang-lapar-bisa-kalap-lho
Untuk tips lekas hamild bisa klik pada web ini http://goo.gl/CX7wA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar